Apa itu WPS? Apa Fungsinya? WPS Adalah…

Baru punya router dan bingung dengan istilah WPS yang ada di modem seperti Bolt, Andromax atau TP-Link? Apa itu WPS? WPS adalah…

Kolom Gadget – Jika kamu telah mengkonfigurasi router nirkabel milikm sendiri, Anda mungkin bakal menemukan istilah WPS dalam menu konfigurasi router. Ada pula router yang di bodinya terdapat tombol bernama “WPS” bersama semua port ethernet di belakang router. Apakah kamu tahu apa itu WPS? Apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya? perangkat dan sistem operasi apa yang menyediakan dukungan WPS? Melalui postingan ini kamu bisa menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.
Apa itu WPS (Wi-Fi Protected Setup)?

WPS adalah singkatan “Wi-Fi Protected Setup”, yaitu standar jaringan nirkabel yang mencoba untuk membuat koneksi antara router dan perangkat nirkabel lebih cepat dan lebih mudah. Ia bekerja hanya untuk jaringan nirkabel yang memiliki keamanan (secutiry) WPA Personal atau WPA2 Personal. WPS tidak memberikan dukungan untuk jaringan nirkabel menggunakan keamanan WEP lawas.

Dalam pengaturan normal, kamu tidak bisa menghubungkan perangkat nirkabel ke jaringan nirkabel kecuali kamu mengetahui nama jaringan (biasa disebut SSID) dan password (juga sering disebut key WPA-PSK). Pada perangkatmu, kamu harus terlebih dulu memilih jaringan yang ingin dihubungkan dan kemudian memasukkan password keamanan. Di sinilah fungsi WPS, yaitu menyederhanakan proses koneksi.

Dalam menggunakan WPS, Ada beberapa cara agar kamu bisa terhubung ke jaringan nirkabel menggunakan WPS:

Sementara dua metode pertama keduanya aman dan sangat cepat, dua yang terakhir tidak aman dan tidak memberikan manfaat apapun, dan dalam hal ini kamu tidak bisa menghubungkan perangkat ke jaringan nirkabel lebih cepat dari biasanya. Itu karena kamu harus mengetikkan delapan digit PIN dan mengetikkan password jaringan nirkabel lagi. Bahkan metode yang keempat lebih lambat lagi karena dalam menghubungkan ke jaringan nirkabel kamu harus mengakses bagian konfigurasi wireless router dan mengetikkan PIN yang disediakan oleh perangkat klien.
Meski Menawarkan Kemudahan, WPS Rentan Terhadap Serangan

Mandat standar penggunaan PIN WPS pada routermu. Bahkan jika kamu tidak pernah menggunakan PIN, router akan menghasilkannya. Seperti diungkapkan oleh peneliti keamanan Stefan Viehböck, PIN WPS sangat rentan terhadap serangan brute force.

Apa yang telah Stefan Viehböck pelajari adalah bahwa PIN delapan angka disimpan oleh router di dua blok dari setiap empat digit. router memeriksa empat digit pertama terpisah dari empat digit terakhir. Seorang hacker dapat melakukan serangan brute force pada blok pertama dari empat digit dan beralih ke blok kedua. Hacker pintar dengan alat yang tepat bisa mem-brute force pin hanya dalam 4 sampai 10 jam. Namun kebanyakan hacker harus melakukan ini dalam waktu sekitar satu hari.

Setelah PIN di tembus oleh serangan brute force, maka para hacker ini bisa terhubung ke jaringan nirkabelmu dan mempelajari/mengetahui kunci keamananmu, lalu mendapatkan akses penuh ke jaringanmu.
Siapa yang Membuat WPS & Kapan?

WPS diciptakan oleh Wi-Fi Alliance. Ini adalah asosiasi nirlaba global yang mempromosikan teknologi Wi-Fi dan sertifikat produk Wi-Fi, jika mereka telah memenuhi standar interoperabilitas tertentu. Wi-Fi Alliance memiliki lebih dari 600 anggota yang diantaranya adalah perusahaan-perusahaan populer seperti Microsoft, Apple, Samsung, Nokia dan lain-lain. Semua penyedia penting dari peralatan jaringan juga merupakan bagian dari organisasi ini. Organisasi ini memiliki merek dagang “Wi-Fi”. Saat kamu melihat perangkat dengan logo Wi-Fi di atasnya, itu berarti perangkat tersebut telah disertifikasi oleh Wi-Fi Alliance.

Wi-Fi Alliance memperkenalkan WPS (Wi-Fi Protected Setup) pada awal tahun 2007 dengan tujuan memungkinkan pengguna rumahan yang tidak ingin atau tidak terbiasa bermain-main dengan password jaringan nirkabel dan pengaturan keamanan yang sulit di ingat untuk segera menghubungkan perangkat nirkabel baru ke jaringan mereka.
Perangkat yang Bekerja Dengan WPS

Sejak router adalah salah satu yang mengelola koneksi nirkabel melalui WPS, WPS sangat merupakan istilah yang populer ada di perangkat dan memberikan dukungan untuk standar ini. Router modern yang banyak dijual oleh produsen yang paling penting dari perangkat tersebut memiliki dukungan WPS. Pada kebanyakan router, WPS bahkan diaktifkan secara default.

Anda akan menemukan dukungan WPS pada peralatan jaringan yang beragam. Misalnya, printer nirkabel modern, perangkat ini mungkin memiliki tombol WPS untuk membangun koneksi dengan cepat. Banyak extender Wi-Fi modern juga bisa langsung terhubung ke jaringan nirkabel melalui WPS.

Komputer dan gadget milikmu bahkan bisa memberikan dukungan untuk WPS jika memang sistem operasi mereka dirancang untuk bekerja dengan standar ini.
Sistem Operasi Apa Mendukung WPS?

Adopsi WPS tidak terlalu bagus saat ada di sistem operasi, yang menyediakan dukungan. Untungnya, sistem operasi yang paling populer di pasar saat ini (Windows dan Android) sudah mendukung WPS:

Sementara  Daftar sistem operasi yang tidak mendukungan WPS relatif banyak dan itu termasuk: sistem operasi OS X dan iOS milik Apple (mungkin dengan pertimbangan keamanan), Windows Phone dan distribusi Linux paling populer seperti Ubuntu atau Linux Mint.

Seperti yang bisa Anda lihat dalam postingan ini, WPS adalah standar jaringan nirkabel yang bermasalah. Sementara juga bisa membuat hidup Anda lebih mudah, meskipun harus diakui memiliki Kelemahan, yaitu rentan terhadap serangan dan mungkin sulit untuk digunakan beberapa perangkat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s