Memahami Perbedaan Post dan Page Pada Sebuah Website

Memahami perbedaan antara Page dan Post sebelum anda membuat website tentu sangat diperlukan, agar anda tidak salah membuat dan tidak salah dalam mengartiken fungsinya masing-masing.

Page atau halaman biasanya berisi data yang statis dimana jumlahnya biasanya tidak banyak, tidak sering berubah, bahkan hanya sekali dalam satu tahun pun biasanya jarang terjadi. Contoh page ini adalah halaman About Us, Visi, Misi dan yang sejenis.

Page biasanya tidak mengandung informasi berita yang ditambahkan ke dalam website secara teratur, karena halaman/page ini bersifat tetap.

Page / Halaman biasanya didefinisikan sehingga mereka selalu dapat diakses dari halaman depan. Beberapa orang membangun seluruh website nya hanya dengan page saja, atau bahkan hanya satu page, ini terjadi untuk website-website yang kebutuhan konten nya sedikit, dan biasanya website berjenis ini populer atau sering digunakan di website skala kecil yang kadang hanya ingin sebuah brosur online.

Perbedaan Post dan Page

Perbedaan Post dan Page di WordPress

Post biasanya berisi informasi semantik dan kronologinya diatur, di tambahkan secara berkala, bisa tiap hari bahkan kadang setiap menit, seperti di website berita. Post bisa digunakan untuk menulis berita, laporan dari suatu event atau sebuah kejadian, atau hasil dari sebuah pertandingan, dan sejanisnya.

Struktur semantik post ini biasanya didefinisikan oleh kategori (secara luas), dan tag/label (secara lebih spesifik), hal ini berguna agar pengunjung website tidak bingung dan dapat dengan mudah menjelajahi seluruh post yang ada. Post juga kadang bisa di bagi berdasarkan tanggal terbitnya, berdasarkan hari, bulan atau tahun. Kadang jika website tersebut berjenis website yang memiliki banyak penulis, maka post bisa disortir berdasarkan penulisnya.

Jika anda menggunakan platform wordpress kadang anda bisa membuat jenis post lain, biasanya dinamakan custom post type, disini anda bisa membuat postingan berupa berita, foto, gallery, event, kutipan, video, audio, teks, dan lain sebagainya.

post layout

contoh elemen dari sebuah post

Itulah sedikit perbedaan antara post dan page yang ada dalam sebuah website, termasuk website yang dibuat dengan wordpress yang sangat erat dengan post dan page.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s