Memahami Perbedaan UI dan UX Design

Perbedaan UI dan UX — Saat ini istilah UX designer dan UI designersemakin sering kita dengar baik di forum seputar desain, di seminar,workshop ataupun di sejumlah blog yang membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan dunia desain.

Tidak hanya menjadi perbincangan saja, namun sejumlah perusahaan juga sudah banyak yang mencari karyawan yang memiliki kemampuan UI maupun UX. Perlu kita ketahui bahwa UI ialah singkatan dari User Interface, sedangkan UX adalah singkatan dari User Experience.

Masih banyak yang bingung untuk membedakan seperti apa UI dan apa bedanya dengan UX. Dalam dunia web, UI lebih ke tampilan fisik dari desain website yang enak untuk dipandang, termasuk diantaranya warna yang menarik, ukuran layout, dan lain sebagainya. Sedangkan UX adalah sisi lain yang lebih interaktif dari sebuah situs website, dan bagaimana interaksi itu berperilaku terhadap pengunjung, seperti dimana sebaiknya penempatan tombol “Buy”, atau posisi form pencarian yang terbaik harus dimana, dan lain-lain.

Untuk sedikit memahami perbedaan UI design dan UX design, coba perhatikan infografis berikut ini.

(klik gambar untuk memperbesar)

Perbedana UX Design dan UI Design

Perbedana UX Design dan UI Design via wassai.com.uy

(klik gambar untuk memperbesar)

Bisa dilihat digambar itu bahwa UX lebih fokus kepada hal-hal yang bersifat fungsionalitas, pada contoh suasana meja makan tersebut terlihat bagaimana penempatan pisau yang baik misalnya, pisau ditaruh di sebelah kanan sedangkan garpu ditaruh di sebelah kiri, karena kebanyakan orang akan memotong sesuatu dengan memegang pisau menggunakan tangan kanan, sedangkan garpu digunakan untuk menahan gesekan terhadap objek makanan saat seseorang menggunakan pisau untuk memotong. Posisi pisau yang tajam diarahkan ke dalam agar saat dipegang posisinya langsung pas untuk memotong makanan. Kecenderungan seseorang terhadap sesuatu yang disukainya itu yang harus bisa di tangkap oleh seorang UX designer agar sang pengguna merasa aman nyaman. Sedangkan UI lebih kepada keindahan tampilan, pemilihan warna yang baik, komposisi warna yang pas, dan hal-hal yang membuat tampilan enak dan sedap untuk dipandang mata.

Semoga artikel ini sedikit menghilangkan kebingungan anda tentang perbedaan UX dan UI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: