Cara update terbaru BIOS laptop atau komputer

BIOS atau Basic Input/Output System adalah salah satu komponen yang termasuk kedalam jenis hard/soft dan telah digunakan sejak pertama kali digunakan oleh sistem komputer dan bios ini akan tampil ketika pertama kali kita menyalakan perangkat komputer. Sama halnya seperti pada software yang lainnya, produsen pembuat motherboard juga selalu menyediakan dan melakukan Update BIOS secara berkala untuk bisa memperbaiki dan mengatasi masalah atau bug yang terjadi pada perangkat tersebut.


Bagi kita sebagai pengguna komputer pun memang harus mengetahui versi BIOS apakah yang sedang kita gunakan saat ini. Untuk mengetahui jenis BIOS apa yang sedang kita gunakan saat ini, kita bisa mengeceknya dengan cara mudah berikut, Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara masuk ke dalam BIOS Screen (biasanya berwarna biru atau abu-abu) dengan cara menekan tombol “Delete” atau “F2” atau “F12” pada saat pertama kali Anda menyalakan komputer. Dari sana Anda bisa melihat siapa produsen atau apa nama BIOS yang Anda pakai. Cara masuk bios biasanya tergantung pada vendor pembuatnya, bahkan ada kasus yang terjadi pada laptop lenovo Type G40-45 yang mempunyai cara unik tersendiri untuk masuk mode BIOSnya.

Namun bagi anda yang menggunakan OS windows, anda hanya cukup ketikan “msinfo32” pada kotak pencaraian atau anda bisa menggunakan Tombol logo windows + R kemudian ketikan “msinfo32”, dan versi BIOS ini dapat anda lihat pada bagian sebelah kanan tepat di bawah informasi kecepatan processor.


Cara update terbaru BIOS laptop atau komputer


LANGKAH – LANGKAH UPDATE BIOS

Dalam kasus ini anda hanya bisa melakukan update BIOS berdasarkan merek atau type BIOS yang anda miliki saat ini, dan untuk bisa mengetahui update BIOS terbaru ada baiknya anda mengunjungi situs resmi vendornya langsung dan untuk kebanyakan model BIOS yang biasa digunakan di indonesia adalah model BIOS AMI bisa anda kunjungi support AMI DISINI dan BIOS Phoenix-Award Bisa anda kunjungi Supportnya DISINI . jenis file update bios ini bisa berupa EXE ataupun yang lainnya, namun dalam study ini komputerdia.com menggunakan type EXE

Cara update terbaru BIOS laptop atau komputer


HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN

Pada file ‘Read Me’ biasanya disertakan juga daftar fungsi-fungsi perbaikan dan juga berbagai fungsi baru atau juga dukungan untuk hardware baru. Sebagai contoh, saat Anda mengupdate BIOS pada Lenovo Thinkpad T500, ada tambahan dukungan untuk adapter AC baru serta resolusi layar 1600 per 900 pixel pada monitor eksternal. Update ini juga dapat menangani masalah webcam dan kecepatan fab (kipas) yang biasanya tidak dapat ditangani dengan cara mengupdate Windows atau mengupdate software driver perangkat tertentu.

PROSES UPDATE BIOS

Sebagian besar komputer keluaran terbaru telah menyajikan prosedur update BIOS yang cukup mudah. Caranya yaitu

  • Download file .exe dari website produsen motherboard Anda
  • Tutup semua program yang sedang dibuka / digunakan
  • Jalankan file .exe yang telah Anda download
  • Reboot komputer Anda. Jika komputer Anda tiba-tiba mati saat sedang proses update BIOS, maka Anda tidak akan dapat melakukan boot. Jadi, pastikan baterai laptop Anda baik-baik saja. Saran kami, sebaiknya Anda memakai UPS (uninterruptible power supply), khususnya jika Anda tinggal di daerah yang rawan dengan pemadaman atau gangguan listrik.
  • Jika Anda memakai software BIOS-Agent Plus yang kami jelaskan di atas, cukup buka halaman ‘scan result’, lalu klik saja link download dan jalankan file EXE yang disediakan.

Cara update terbaru BIOS laptop atau komputer


Untuk jenis komputer lama, Anda biasanya harus menset disk bootable Anda sendiri untuk mengupdate sendiri BIOS Anda. Anda juga dapat mendownload aplikasi yang dapat mengkonfigurasi drive USB, CD/DVD kosong atau bahkan floppy disk, sehingga Anda dapat melakukan boot dari media-media tersebut untuk mengupdate BIOS atau file image ISO yang dapat digunakan pada aplikasi burning disk (jika Anda tidak memiliki aplikasi sejenis itu, Anda dapat mencoba ISO Recorder untuk Windows XP, Windows 7 atau ISO Recorder untuk Windows vista) untuk membuat CD update BIOS.


Disamping itu, pada beberapa komputer, Anda dapat menyalin beberapa file ke disk bootable untuk kemudian me-restartnya dan mengakses BIOS selama proses startup (caranya dengan menekan tombol tertentu untuk pilihan setup). Setelah itu, Anda dapat mengubah urutan boot agar sistem melakukan pencarian terhadap drive USB bootable atau CD sebelum memuat sistem operasi dari hardisk Anda.

Demikianlah artikel kali ini semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda semuanya, jika terdapat kekurangan atau pembahasan yang kurang pas, silahkan anda berkomentar pada kolom komentar yang telah kami sediakan, agar artikel ini dapat kami perbaiki dan akan kami sunting secepatnya

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s